'/> Ruang Multimedia Dalam Proses Pembelajaran

Info Populer 2022

Ruang Multimedia Dalam Proses Pembelajaran

Ruang Multimedia Dalam Proses Pembelajaran
Ruang Multimedia Dalam Proses Pembelajaran
Ruang multimedia yaitu suatu ruangan dimana terdapat banyak sekali peralatan komunikasi elektronik guna menunjang proses pembelajaran. Peningkatan mutu pembelajaran yaitu bertambahnya kualitas penyampaian bahan pendidikan sehingga siswa ludang keringh simpel dalam menangkapnya.

Standar Internasional pembelajaran berbasis ICT sanggup dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersedia di sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan yaitu ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN (Local Area Network), LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan bunyi guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras bunyi sehingga sanggup terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, printer, AC (Air Conditioning).


Dalam proses pembelajaran memakai ruang multimedia, bentuk-bentuk warta yang sanggup ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau goresan pena tangan. Bagi komputer, bentuk warta tersebut, tiruananya diolah dari data digital. Sehingga megampangkan siswa menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembalajaran.


Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis ICT dengan menggunakan ruang multimedia antara lain:
• Sarana elektronik (komputer/laptop, LCD, headphone dan lain-lain)
• Kemauan siswa dan guru untuk melaksanakan renovasi pembelajaran
• Sumber daya insan (guru dan siswa)
• Kesiapan sekolah untuk menanggung beban operasional dan biaya perawatan.

Jenis kegiatan/tugas guru yang sanggup dilaksanakan dengan memakai ruang multimedia antara lain:

  1. Menyampaikan bahan (presentasi). Salah satu bentuk kiprah yang paling sederhana yang sanggup dilakukan yaitu memberikan bahan pelajaran memakai media komputer/laptop dan LCD. Materi disampaikan kepada siswa dengan menayangkan bahan pada layar dan siswa sanggup mengikuti bersama-sama. Keterampilan yang sanggup dipakai yaitu dengan mengolah bahan memakai kegiatan MS Power Point. Kemudian sanggup dikembangkan lagi memakai kegiatan Windows Movie Maker, Ulead VideoStudio dan lain-lain. Bahkan dengan menayangkan video yang berafiliasi dengan materi juga bias dilakukan tanpa guru.
  2. Memutar lagu/musik disela-sela kegiatan berguru siswa, contohnya ketika siswa mengakses materi pelajaran melalui internet.
  3. Memutar video yang berkaitan dengan materi pembelajaran
  4. Menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran.
  5. Mengirim informasi/pesan dari guru (komputer server) ke siswa (komputer client).
  6. Mengirim tugas/ulangan kepada siswa dan mengumpulkannya kembali melalui komputer server.
  7. Memdiberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses bahan melalui internet.
  8.  Menggunakan ruang ini sebagai laboratorium bahasa alasannya di dalamnya terdapat headphone yang disambungkan dengan tiap computer dan sanggup mendengar bunyi guru dari computer server.
Upaya menciptakan anak betah berguru disekolah dengan memanfaatkan teknologi multimedia, merupakan kebutuhan, sehingga sekolah tidak lagi menjadi ruangan yang seram dengan banyak sekali kiprah dan bahaya yang justru mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk itu, kiprah serta masyarakat dan orangtua , komite sekolah merupakan partner yang sanggup merencanakan dan memajukan sekolah.
Advertisement

Iklan Sidebar