Pengertian
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
- SIM terutama melayani fungsi perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan di tingkat manajemen
- SIM merangkum dan melaporkan operasi-operasi dasar dari perusahaan
- SIM biasanya melayani manajer yang tertarik pada hasil-hasil mingguan, bulanan, dan tahunan
Sistem Pendukung (pengambilan)Keputusan (SPK)
- SPK membantu para manajer untuk mengambil keputusan yang semi-terstruktur, unik, atau berubah dengan cepat, dan tidak sanggup ditentukan dengan praktis di awal
- SPK ludang kecepeh mempunyai kemampuan analisis dibandingkan sistem lain
Ilustrasi Sistem Informasi
Berikut ilustrasi sebuah sistem isu sederhana
Karakteristik Sistem Informasi Manajemen
- SIM mendukung pengambilan keputusan terstruktur pada tingkat kendali operasional dan manajemen. Juga mempunyai kegunaan untuk tujuan-tujuan perencanaan bagi manajer senior
- Biasanya berorientasi pada pelaporan dan pengendalian
- SIM bergantung pada basis data dan alur data yang telah tersedia di perusahaan
- SIM mempunyai kapabilitas analitik
- SIM secara umum membantu dalam pengambilan keputusan memakai data dikala ini dan masa lalu
- SIM bisa mempunyai orientasi internal atau eksternal
Order Processing System
Material Resource Planning System
General Ledger System
Transaction Processing System
Management Information System
MIS Databases
MIS
Reports
Manajer
Jenis Sistem Informasi
Terdapat majemuk sistem informasi, sesuai dengan tingkatan administrasi dan fungsi bisnisnya, sebagaimana terlihat pada ilustrasi diberikut
Tingkat Manajemen | | Jenis SI |
Strategis | | Keputusan |
| | |
Manajemen | | Keputusan, Operasi |
Knowledge | | Operasi |
| | |
Operasional | | Historis |
| Sales Manufacture Finance HRD | |
Siklus Hidup Pengembangan
Metode pengembangan Sistem Informasi mencakup beberapa tahap secara umum sebagai diberikut
1. Perencanaan
2. Analisis
3. Perancangan
4. Pengembangan
5. Penggunaan
Tahap Perencanaan
Tujuan
1. menentukan ruang lingkup proyek
2. mengenali banyak sekali area permasalahan potensial
3. mengatur urutan tugas
4. menciptakan dasar untuk pengendalian
Tahap Analisis
Tujuan : penelitian sistem yang telah ada dengan sebuah incaran merancang sistem yang gres atau diperbarui
Langkah-langkah :
1. memperkenalkan penelitian sistem
2. pengorganisasian tim proyek
3. mendefinisikan kebutuhan sistem informasi
4. menyiapkan anjuran rancangan
5. mendapatkan / menolak rancangan
Tahap Perancangan
Tujuan : menentukan operasi dan data yang diperlukan oleh sistem baru
Langkah :
1. menyaipakan rancangan sistem terperinci
2. mengidentifikasi banyak sekali alternatif konfigurasi sistem
3. mengmemperbaiki banyak sekali alternatif sistem
4. menentukan konfigurasi terbaik
5. menyiapkan anjuran penerapan
Tahap Pengembangan
Tujuan : memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan sebuiah sistem yang bekerja
Langkah :
1. merencanakan pengembangan
2. mendapatkan sumberdaya perangkat keras dan lunak
3. menyiapkan basisdata
4. melatih pengguna
5. masuk ke sistem baru
Tahap Penggunaan
Tujuan : memakai sistem baru, melaksanakan penelitian formal untuk meskor sejauh mana kinerja sistem gres dan memeliharanya
Langkah :
1. memakai sistem baru
2. mengaudit sistem baru
3. memelihara : memperbaiki kesalahan, memutakhirkan, dan meningkatkan lagi sistem
Advertisement